Breaking

logo

09/07/20

Contoh Poster Protokol Kesehatan di Sekolah

Contoh Poster Protokol Kesehatan di Sekolah

Untuk menyambut tahun pelajaran baru, 2020/2021, dimana akan dimulai saat pandemi covid-19 masih belum berakhir, Ayo Madrasah menyiapkan beberapa contoh poster protokol kesehatan di sekolah. Poster-poster ini terkait dengan cara cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang benar, penggunaan masker kain, jaga jarak antar siswa, dan berbagai ketentuan terkait dengan protokol kesehatan yang harus dilakukan di sekolah atau madrasah.

Untuk sementara, tersedia dua jenis poster. Pertama adalah poster tentang protokol kesehatan di sekolah secara umum. Kedua adalah poster tentang cuci tangan memakai sabun.

Poster Protokol Kesehatan di Sekolah

Kedua hal ini menjadi hal yang krusial saat proses belajar mengajar di madrasah berlangsung saat pandemi  covid-19 ini. Pihak madrasah harus senantiasa memperingatkan siswa-siswinya untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan termasuk tata cara mencuci tangan dengan memakai sabun dan air mengalir secara benar.

Sehingga bagi madrasah yang memberlakukan pembelajaran secara tatap muka akan dapat resiko penyebaran virus covid-19 di lingkungan madrasah dapat diminimalisir. Jangan sampai kegiatan belajar mengajar justru menjadikan madrasah sebagai kluster baru persebaran covid-19.

Baca : Kapan Sekolah/Madrasah Mulai Masuk Tahun 2020/2021?

Poster lainnya akan diupdate di kemudian hari.

Poster Protokol Kesehatan


Poster pertama adalah terkait protokol kesehatan di madrasah. Poster ini mengajak siswa-siswi untuk membudayakan empat hal selama di sekolah atau madrasah.

Pertama, selalu memakai masker kain dan atau faceshield. Kedua membiasakan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir setiap kali masuk ke lingkungan sekolah atau kelas dan setiap pulang (meninggalkan) madrasah. Ketiga anjuran melakukan jaga jarak sedikitnya 1,5 meter. Dan keempat peringatan untuk membawa barang dan perlengkapan sendiri dan tidak meminjam kepada temannya. Baik untuk perlengkapan sekolah (buku, pensil, dll), maupun perlengkapan lain seperti tempat minum dan makanan.

Poster tersebut adalah sebagai berikut.


Dengan warna kuning dan dilengkapi ilustrasi warna-warni, poster ini dapat dipasang di berbagai area madrasah seperti di ruang kelas, lorong sekolah, maupun tempat-tempat strategis lainnya.

Baca : Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Covid-19

Poster Cuci Tangan Pakai Sabun


Poster kedua adalah tentang gerakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Dilengkapi dengan ilustrasi tentang enam langkah mencuci tangan. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama 60 detik akan dapat membunuh kuman dan virus. Termasuk virus covid-19.

Sehingga budaya mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir harus diterapkan secara ketat di lingkungan sekolah dan madrasah.

Poster tersebut adalah sebagai berikut.


Poster cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ini sebenarnya merupakan poster Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang dimodifikasi. Tentunya agar lebih bersifat khusus dan tepat untuk dipasang di lingkungan madrasah.

Baca : SK Dirjen Pendis Tentang Kurikulum Darurat Madrasah

Sekolah Harus Selalu Mengingatkan Protokol Kesehatan


Pihak sekolah atau madrasah harus senantiasa mengingatkan warga sekolah untuk melaksanakan protokol kesehatan. Sebagaimana salah satu isi SKB 4 Menteri tentang Penyelenggaraan tahun Ajaran 2020/2021 Saat Pandemi Covid-19, sekolah harus memberikan pengumuman di seluruh area satuan pendidikan secara berulang dan intensif terkait penggunaan masker, cuci tangan pakai sabun (CTPS), dan jaga jarak.

Pengumuman ini selain disampaikan secara lisan kepada para siswa tentu akan lebih efektif lagi jika disampaikan juga secara visual. Salah satunya adalah dengan memasang poster-poster terkait protokol kesehatan dan covid-19 di lokasi-lokasi strategis di lingkungan sekolah.

Itulah beberapa contoh poster terkait dengan protokol kesehatan di sekolah yang dapat dijadikan inspirasi. Contoh poster protokol kesehatan di sekolah inipun dapat dicetak langsung untuk dipasang di lingkungan sekolah dan madrasah.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact